Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Fobia Aneh Yang Sebenarnya Ada


Fobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap hal dan atau situasi tertentu. Ini adalah salah satu gangguan kecemasan. Phobia sendiri terdiri dari beberapa jenis, dari yang sederhana hingga yang paling jarang dialami oleh beberapa orang di dunia.
 

Ada berbagai jenis fobia aneh dan jenis fobia unik yang jarang ada dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa fobia yang dirangkum dari berbagai sumber yang harus Anda ketahui:


1. Gerontofobia

Gerontophobia adalah ketakutan terhadap orang tua atau lanjut usia. Orang dengan fobia unik ini biasanya memiliki kesan bahwa usia tua berarti semakin dekat dengan kematian.


2. Tokofobia

Phobia ini menganggap kehamilan dan persalinan sebagai sesuatu yang sangat menakutkan dan berbahaya baginya. Tidak hanya bisa terjadi pada wanita yang belum pernah hamil, tokofobia juga bisa terjadi pada wanita yang pernah mengalami trauma saat hamil atau melahirkan sebelumnya.


3. Skiofobia

Orang dengan sciophobia takut pada segala jenis bayangan, bahkan bayangan mereka sendiri. Ketakutan ini sebenarnya tercipta dengan sendirinya bahwa dalam bayangan ada sesuatu yang berbahaya dan mengancam mereka.


Baca juga:

9 Sifat Kepribadian Buruk yang Sebenarnya Bisa Menjadi Baik  

6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Langsung tidak Menyukai Anda


4. Antropofobia

Ketakutan pada orang lain hampir seperti fobia sosial tetapi sebenarnya berbeda. Antropofobia adalah ketakutan terhadap orang lain, termasuk keluarga, teman atau orang di lingkungannya sendiri. Pasien berpikir bahwa siapa pun dapat mengancam, membuat mereka tidak nyaman, atau menyebabkan potensi masalah yang sama dengan orang asing.


5. Caligynephobia

Caligynephobia juga dikenal dengan nama venustraphobia yang berarti fobia terhadap wanita cantik, baik memandang atau berhadapan langsung. Biasanya pada pria yang memiliki trauma masa lalu yang menyakitkan seperti ditolak atau dihina oleh wanita cantik.


6.Turofobia

Pemilik fobia ini akan merasa takut jika berada di dekat keju, bau apalagi ingin mengkonsumsinya. Biasanya hasil dari pengalaman buruk di masa lalu.


7. Tripofobia

Ini semacam ketakutan berlebihan terhadap lubang kecil. Model cantik Kendall Jenner termasuk penderita fobia ini. Orang dengan fobia ini merasa jijik dan sangat takut ketika melihat lubang kecil seperti spons, sarang lebah, gelembung dan lubang lainnya. Itu berlanjut dengan munculnya ilusi memiliki lubang sekecil itu di tubuhnya.


8. Alliumfobia

Bau bawang putih merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi pemilik phobia ini. Peneliti dan ilmuwan belum menemukan penyebab alliumphobia, namun biasanya terkait dengan gen atau lingkungan.


9. Didaskaleinophobia

Fobia ini biasanya ditandai dengan kecemasan yang ekstrim dan serangan panik saat pergi ke sekolah. Biasanya pada anak sekolah dasar yang pernah mengalami pengalaman buruk di sekolah.


10. Klaustrofobia

Jenis fobia ini memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap ruang tertutup bahkan ketika tidak ada tanda-tanda bahaya yang jelas. Pengidap claustrophobia biasanya akan mengambil langkah-langkah untuk menghindari ruang tertutup, seperti lift, terowongan, kereta bawah tanah, toilet umum, dan beberapa ruang tertutup lainnya.


11. Socerafobia

Takut pada mertua adalah hal yang wajar, tetapi socerafobia melampaui rasa takut. Serangan panik, kecemasan, masalah jantung, bahkan sesak napas adalah gejala fobia ini.


12. Coulrofobia

Fobia ini biasanya melibatkan rasa takut yang berlebihan terhadap badut. Kondisi ini paling sering dialami oleh anak-anak tetapi banyak juga dialami oleh remaja dan orang dewasa. Coulrophobia dapat disebabkan oleh kombinasi pengalaman traumatis dan pemahaman yang menyebabkan ketakutan irasional terhadap badut.


13. Pogonofobia

Phobia ini adalah ketakutan akan janggut karena menganggap janggut itu kotor dan jorok. Selain itu, mereka juga beranggapan bahwa orang berjanggut adalah orang jahat.


14. Somnifobia

Jika insomnia merupakan gejala seseorang tidak bisa tidur meski ingin tidur, somniphobia menyebabkan penderitanya tidak mau tidur. Hal ini terjadi karena beban hidup dari pekerjaan dan lainnya yang kemudian hanyut dalam mimpi, makanya dia akan berusaha untuk bangun. Fobia ini berbahaya bagi tubuh dan harus segera ditangani.


15. Misiofobia

Mysiophobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap kuman dan bakteri di sekitar kita. Akibatnya, seseorang akan sangat memperhatikan kebersihan pada dirinya atau benda-benda di sekitarnya.




Andi Nurdiansah
Andi Nurdiansah Pendidik di SMAN 1 Cibeber

Post a Comment for "15 Fobia Aneh Yang Sebenarnya Ada"