Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Langsung tidak Menyukai Anda




Bukan rahasia lagi bahwa kita semua ingin disukai dan dihormati. Namun Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa hal yang Anda lakukan sebenarnya membuat orang tidak menyukai Anda!


Meskipun kebiasaan ini mudah dikenali pada orang lain, kebiasaan itu tidak selalu mudah dikenali pada diri kita sendiri. Itu sebabnya mengembangkan kesadaran diri sangat penting. Dengan menjadi sadar diri, kita dapat lebih memahami bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana tindakan serta kata-kata kita dapat dirasakan. Jadi, mari selami dan pelajari lebih lanjut tentang kebiasaan buruk yang dapat membuat orang lain tidak menyukai Anda!

 

1. Membuat Asumsi atau Praduga

Membuat asumsi atau praduga ini adalah salah satu kebiasaan terburuk yang dapat Anda miliki. Soalnya, orang benar-benar tidak suka jika Anda membuat asumsi atau praduga tentang mereka atau situasi tanpa melihat faktanya terlebih dahulu. Membuat asumsi atau praduga dapat menyebabkan kesalahpahaman dan salah tafsir, tuduhan palsu, dan penilaian. Belum lagi, itu membuat Anda terlihat sombong dan meremehkan pendapat orang lain. Jadi, alih-alih berasumsi kemudian bertindak berdasarkan asumsi tersebut. Cobalah menjadi lebih ingin tahu! Luangkan waktu untuk bertanya, mendengarkan, menganalisis fakta dan informasi, serta terbuka terhadap perspektif lain. Hal ini bermanfaat untuk menghormati dan memahami orang lain.

 

2. Mendominasi Percakapan

Banyak orang mengalami kesulitan melihat secara langsung berapa banyak yang harus dibicarakan. Beberapa orang secara alami lebih banyak bicara, sementara yang lain merasa tidak nyaman menjadi pusat perhatian. Namun jika Anda salah satu dari orang-orang yang selalu bersuara paling keras di dalam ruangan, berdiri di barisan paling depan, atau mendominasi percakapan. Orang-orang akan merasa terganggu. Banyak diantara Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya, tetapi begitu seseorang mulai merasa diabaikan, mereka akan mengabaikan semua hal lain yang Anda katakan. Dan itu merupakan bukan hal yang Anda inginkan! Jadi biarkan orang lain berbicara juga dan ungkapkan minat Anda pada apa yang mereka katakan.

 

*Baca juga

  1. 9 Cara Menemukan Kesuksesan dalam Hidup 
  2. Cara Belajar yang Efektif 

 

3. Terlalu Banyak Membual atau Mengeluh

Perilaku seperti ini bisa sangat tidak menyenangkan. Membual membuat Anda seolah-olah tidak tertarik untuk meningkatkan diri sendiri. Anda hanya tertarik untuk terlihat baik. Itu juga membuat orang merasa mereka tidak bisa berhubungan dengan Anda.


Mengeluh sama buruknya dengan menyombongkan diri. Itu membuat orang tidak nyaman, dan mereka bahkan mungkin mulai merasa risih pada Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk untuk menyombongkan diri atau terlalu banyak mengeluh, inilah saatnya untuk melakukan perubahan. Orang tidak suka mendengar tentang betapa hebatnya Anda, dan keluh kesah Anda.

 

4. Bertingkah Seperti Orang yang Tahu Segalanya

Sangat menggoda untuk mencoba dan membuat orang terkesan dengan memamerkan betapa banyak yang Anda ketahui, tetapi itu adalah kebiasaan buruk yang dapat membuat orang langsung tidak menyukai Anda. Tentu, kita semua menjadi kurang bersemangat saat mengetahui sesuatu yang tidak diketahui orang lain, tetapi ada garis tipis antara menjadi pintar dan menjengkelkan. Dan ketika Anda bertindak seolah-olah Anda memiliki semua jawaban, itu membuat orang merasa seolah-olah mereka tidak berharga di mata Anda. Meskipun baik untuk percaya diri dengan apa yang Anda katakan. jika Anda selalu berusaha membuktikan diri kepada orang lain, itu bisa dianggap sebagai arogansi daripada kepercayaan diri.

 

5. Terlalu Dramatis

Apakah Anda tipe orang yang cenderung membesar-besarkan sesuatu sehingga menyebabkan keributan? Jika demikian, saya punya kabar buruk untuk Anda! Orang-orang yang mengetahui saat Anda bersikap terlalu mendramatisi suatu keadaan, mereka tidak menyukainya. Perilaku ini tidak hanya menciptakan suasana negatif, tetapi juga mempersulit orang lain untuk menganggap Anda serius. Plus, itu membuat Anda tampil seolah-olah Anda mencoba menarik perhatian pada diri sendiri. Mereka yang cenderung bereaksi berlebihan tidak menyenangkan untuk diajak bergaul. Ini melelahkan bagi semua orang dan membuat Anda terlihat seperti seseorang yang tidak bisa menahan emosinya. Cobalah untuk tidak membuat segalanya menjadi masalah besar. Sadarilah bahwa ada kalanya yang terbaik adalah membiarkan semuanya berlalu dan terus berjalan.

 

6. Tidak Menghormati

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk untuk tidak menghormati, orang akan segera menyadarinya dan itu akan membuat mereka tidak menyukai Anda. Kita semua memiliki zona nyaman yang berbeda untuk berinteraksi, membicarakan kehidupan pribadi kita dan lain sebagainya. Mudah bagi orang untuk merasa dilanggar ketika seseorang tidak menghargai batasan mereka. Menghormati batas-batas orang lain merupakan bagian integral dari hubungan interpersonal. Ini berarti menghormati ruang fisik dan emosional orang, serta privasi dan hak mereka untuk membuat keputusan sendiri. Bahkan jika beberapa kebiasaan buruk ini tampak kecil dan tidak penting, mereka dapat membuat orang tidak nyaman di sekitar Anda. Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa Anda melakukan hal-hal ini sampai seseorang menunjukkannya! Jadi, jika Anda ingin lebih disukai, perhatikan baik-baik cara Anda bertindak dan berkomunikasi dengan orang lain. Anda harus menghentikan kebiasaan buruk ini yang mungkin membuat orang salah paham. 

 

*Baca Juga

  1. Cerita Inspirasi dari Uang Kotor 
  2. Cara Menemukan Fashion Hidup

 

 

 

 

 

Andi Nurdiansah
Andi Nurdiansah Pendidik di SMAN 1 Cibeber

Post a Comment for " 6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Langsung tidak Menyukai Anda"