Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Soal Teks Negosiasi Membeli Laptop Baru

Membeli Laptop Baru

Rudi : “Yah, Rudi dengar Ayah baru membelikan ponsel baru ya untuk Wati,” tanya Rudi. 
Ayah : “Iya Rud, kenapa? Jangan bilang kamu juga mau, ponsel kamu kan masih bagus,” jawab Ayah sembari menaikkan alisnya. 
Rudi : “Nggak kok, Yah. Iya, ponsel Rudi masih bagus kok, tapi…” 
Ayah : “Wah, gawat nih kalau ada tapinya,” potong Ayah. 
Rudi : “Lebih gawat Rudi, Yah. Belakangan, tugas kuliah semakin banyak dan membutuhkan banyak aplikasi untuk menyelesaikannya, sementara laptop Rudi lambat, Yah.” Rudi meneruskan pembicaraannya. 
Ayah : “Jangan bilang kamu mau minta dibelikan laptop baru.” 
Rudi : “Iya, Yah. Karena tugas Rudi selalu terhambat. Lagi pula, laptop ini memang sudah cukup berumur, dari Rudi kelas 10 SMA. Padahal, program studi Rudi juga memang membutuhkan laptop yang lebih cepat, Yah. Rudi kan belajar desain. Aplikasi 3D itu membutuhkan daya komputasi tinggi, Yah”
Ayah : “Wah, kamu ini memang bisa saja, tapi kan ayah baru membelikan ponsel untuk adikmu. Uang ayah nanti habis, Rud.” 
Rudi : “Pembelian laptop baru tidak harus hari ini kok. Tetapi, Ayah bisa mulai buat rencana anggarannya dari sekarang. Ayah bisa mulai sisihkan dari pengeluaran per bulan.” 
Ayah : “Wah, kamu pintar juga ya.” 
Rudi : “Iya dong. Oh, ya, untuk membantu, Ayah juga bisa memakai tabungan Rudi kok.” 
Ayah : “Oh ya? Ayah coba pikir-pikir dulu ya.” 
Rudi : “Coba Ayah pertimbangkan, suatu nanti mungkin Wati juga akan meminta laptop baru pelajaran TIK. Kebutuhan laptop untuk pelajaran TIK tidak seberat belajar desain. Jadi, kalau Ayah membelikan laptop baru untuk Rudi, laptop yang ini bisa diberikan ke Wati kan, Yah. Jadi, Ayah tidak usah membelikan Wati laptop lagi untuk pelajaran TIK.” 
Ayah : “Ya, sudah kalau begitu. Ayah akan belikan, tapi…” 
Rudi : “Janji, Yah. Rudi akan belajar dengan sungguh-sungguh,” jawab Rudi memotong perkataan Ayah. 
Ayah : “Kamu itu… bukan itu maksud Ayah. Kamu kan sudah duduk di perguruan tinggi. Itu sih sudah menjadi kewajiban kamu sendiri untuk sadar akan pentingnya untuk belajar dengan sungguh-sungguh.”
Rudi : “Oh, iya, Yah. Hehe.. kalau begitu apa, Yah?” 
Ayah : “Tapi nanti ya, Ayah anggarkan untuk menabung dulu mulai gajian bulan depan dan kamu harus tepati janji mau meng ajari Wati untuk meng gunakan laptop.” 
Rudi : “Siap Pak!” jawab Rudi sambil sedikit bercanda. 
(Sumber: https://serupa.id/contoh-teks-negosiasi-beserta-strukturnya-berbagaitopik/dengan pengubaha

Setelah kalian menyimak video berikut, silakan kalian jawab pertanyaan berikut ini!
1. Siapakah kedua belah pihak yang terlibat dan apa kepentingan tiap-tiap pihak dalam teks tersebut?
Jawaban: Rudi dan ayah. 
Rudi ingin dibelikan laptop baru oleh ayah. 
Ayah ingin Rudi belajar sungguh-sungguh dan mengajari Wati menggunakan laptop. 

2. Siapa yang mengajukan permintaan dalam teks tersebut? Jelaskan apa alasannya!
Jawaban: Rudi meminta dibelikan laptop baru karena tugas kuliahnya semakin banyak dan membutuhkan banyak aplikasi untuk menyelesaikannya, sementara laptop Rudi lambat. Selain itu, laptop Rudi sudah cukup berumur. Karena itu, laptopnya tidak lagi mendukung untuk belajar desain 3D. 

3. Menurut kalian, apakah permintaan tersebut disampaikan dengan alasan-alasan yang tepat? Jelaskan! 
Jawaban alternatif: Ya. Alasan-alasan yang diajukan sudah cukup tepat karena didasarkan atas situasi dan kondisi yang terjadi, tidak dibuat-buat, serta dapat diterima secara logis. 

4. Jika kalian berposisi sebagai pihak yang mengajukan permintaan dalam teks tersebut, apa saja alasan-alasan yang dapat kalian tambahkan untuk menguatkan permintaan kalian? 
Jawaban alternatif: Spesifikasi laptop sudah tidak mendukung untuk keperluan tugas-tugas kuliah. 

5. Menurut kalian, apakah bahasa yang digunakan saat menyampaikan permintaan dalam teks tersebut sudah cukup baik dan santun? Jelaskan alasannya! 
Jawaban alternatif: Ya, bahasa yang digunakan sudah cukup baik dan santun sebagaimana percakapan akrab antara ayah dan anak dalam situasi yang santai di lingkungan keluarga. 

6. Pada akhirnya, apakah permintaan tersebut dikabulkan? Jelaskan apa alasannya! 
Jawaban: Ya, Ayah mengabulkan permintaan Rudi karena Rudi menyetujui persyaratan yang diajukan ayah. 

7. Apakah ada persyaratan tertentu agar permintaan tersebut dikabulkan? Jelaskan! 
Jawaban: Ada, ayah mengajukan persyaratan agar Rudi belajar sungguh-sungguh dan janji akan mengajari Rani menggunakan laptop. Selain itu, ayah baru akan membelikan laptop nanti setelah gajian bulan depan. 

8. Apakah akhirnya terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak? Jelaskan apa saja kesepakatannya! 
Jawaban: Ya. Kesepakatannya adalah ayah akan membelikan laptop baru untuk Rudi setelah gajian, tetapi dengan syarat agar Rudi belajar sungguh-sungguh dan janji akan mengajari Wati menggunakan laptop. 

9. Menurut kalian, apakah kesepakatan yang terjadi menguntungkan kedua pihak? Jelaskan apa saja keuntungan untuk keduanya! 
Jawaban: Ya, saling menguntungkan. Rudi mendapatkan laptop baru dan ayah merasa terbantu karena Rudi berjanji akan mengajari Wati menggunakan laptop. 

10. Menurut pendapat kalian, apa saja yang perlu diperhatikan agar kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan? Jelaskan!
Jawaban alternatif: Adanya penjelasan atau alasan yang mendukung permintaan, menitikberatkan pada kepentingan bersama, dan memiliki tujuan praktis. Selain itu, adanya penyelesaian atau kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Andi Nurdiansah
Andi Nurdiansah Pendidik di SMAN 1 Cibeber

Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Teks Negosiasi Membeli Laptop Baru"